Tujuan Laporan Keuangan

Pembaca, apakah anda sedang mencari-cari informasi mengenai tujuan laporan keuangan? Jika benar, maka bacalah artikel ini secara seksama. Sebab kali ini saya akan memberikan penjelasan terkait laporan keuangan beserta tujuan-tujuannya. Tujuan laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia adalah untuk menyediakan segala informasi penting yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, dan perubahan posisi keuangan pada suatu perusahaan yang dapat bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan.

Tujuan Laporan Keuangan

Laporan keuangan yang disusun dengan tujuan tersebut dapat memenuhi kebutuhan bersama sebagian besar pemakai. Akan tetapi, laporan keuangan tidak menyediakan semua informasi yang mungkin dibutuhkan pemakai dalam mengambil keputusan ekonomi karena secara umum menggambarkan pengaruh keuangan dan kejadian masa lalu, dan tidak diwajibkan untuk menyediakan informasi non-keuangan. Jika dipelajari secara lebih mendalam, tujuan laporan keuangan terbagi ke dalam dua kategori, yaitu tujuan secara umum dan tujuan kualitatif.

Tujuan Laporan Keuangan Secara Umum

  1. Sebagai informasi yang dapat dipercaya mengenai perubahan sumber ekonomi pada suatu perusahaan yang timbul dari kegiatan dalam rangka mendapatkan laba.
  2. Sebagai alat bantuan bagi para pemakai dalam memperkirakan potensi perusahaan dalam menghasilkan laba.
  3. Sebagai sumber informasi penting mengenai perubahan sumber-sumber ekonomi dan kewajiban seperti informasi mengenai aktivitas belanja.
  4. Tujuan laporan keuangan sebagai penyedia informasi yang bisa dipercaya mengenai aktiva, kewajiban dan modal.

Tujuan Laporan Keuangan Kualitatif

  1. Relevan, yaitu untuk memberikan informasi yang memiliki tingkat relevansi yang tinggi bagi para pemakainya.
  2. Dapat Dimengerti, yaitu untuk memberikan informasi yang dapat dimengerti oleh para pemakaianya.
  3. Daya Uji, yaitu untuk memberikan informasi yang telah diuji kebenarannya oleh pengukur yang independen dengan memakai metode pengukuran yang sama.
  4. Netral, yaitu untuk memberikan informasi yang netral atau tidak hanya dapat bermanfaat untuk kepentingan seorang pemakai saja, namun juga bermanfaat bagi kepentingan umum.
  5. Tepat Waktu, yaitu untuk memberikan informasi yang dapat digunakan secepat mungkin sehingga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan secara tepat waktu.
  6. Daya Saing, yaitu untuk memberikan informasi yang memiliki daya saing dengan informasi-informasi lain pada tahun-tahun sebelumnya.
  7. Lengkap, yaitu untuk memberikan informasi yang lengkap dan tidak menyesatkan pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *