Standar Akuntansi Keuangan

Dalam ilmu ekonomi, terutama akuntansi, kerangka dalam prosedur pembuatan laporan keuangan agar dapat seragam antara laporan keuangan yang satu dengan yang lainnya saat disajikan kerap disebut dengan istilah standar akuntansi keuangan atau disingkat SAK. Standar tersebut merupakan hasil rumusan tahun 1994 yang dilakukan oleh Komite Prinsipil Akuntansi Indonesia sebagai ganti atas Prinsip Akuntansi Indonesia yang dirumuskan pada 10 tahun sebelumnya, yaitu tahun 1984.

Secara lebih umum, pengertian standar akuntansi keuangan adalah suatu pedoman yang harus digunakan oleh para akuntan dalam melakukan praktek-praktek akuntansi dan sudah memiliki materi yang mencakup hampir semua aspek yang berkaitan dengan akuntansi. Standar akuntansi keuangan mencakup konvensi, peraturan dan prosedur yang telah disusun serta telah disahkan oleh lembaga resmi atau biasa disebut standart setting body pada saat yang telah ditentukan.

Intinya, standar akuntansi keuangan adalah sebuah buku petunjuk untuk membuat laporan keuangan yang baik dan benar sesuai standar minimal dalam dunia ekonomi global. Sehingga, sangat mungkin jika standar akuntansi keuangan kembali mengalami perubahan seperti yang telah terjadi pada tahun 1984 dan 1994, sebab teknik penyusunan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan umumnya menggunakan metode yang berbeda-beda bergantung pada kebutuhan dan ketersediaan data-data yang diperlukan. Selain itu, dalam setiap periode, data-data dan kebutuhan suatu perusahaan tersebut selalu mengalami perkembangan.

Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia

Standar Akuntansi Keuangan

IFRS (PSAK-IFRS)

PSAK-IFSR adalah salah satu standar akuntansi keuangan yang sebenarnya telah diterapkan secara menyeluruh dan telah menjadi standar bagi penyusunan laporan keuangan secara internasional. Indonesia sendiri menerapkan standar akuntansi IFRS ini karena Indonesia merupakan bagian dari anggota IFAC yang secara otomatis wajib mengikuti peraturan yang dibuat Statement Membership Obligation (SMO) yang telah menetapkan IFRS sebagai standar akuntansi keuangan internasional.

SAP

SAP atau Standar Akuntansi Pemerintah adalah standar akuntansi keuangan yang dikeluarkan oleh komite standar akuntansi pemerintah dan hanya diaplikasikan dalam lingkup entitas pemerintahan untuk pembuatan laporan keuangan pemerintahan, baik pusat maupun daerah.

SAK-ETAP

SAK-ETAP atau Standar Akuntansi Keuangan-Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik adalah sebuah entitas yang tidak memiliki akuntabilitas publik secara signifikan, serta tidak dapat mengeluarkan laporan keuangan sebagai tujuan umum yang berlaku bagi para pengguna eksternal.

PSAK Syariah

PSAK Syariah adalah sebuah standar akuntansi yang diaplikasikan oleh entitas khususnya yang bertransaksi secara syariah. Dalam sistem pengembangannya, PSAK Syariah ini dilakukan dengan menggunakan standar umum, namun tetap memakai dasar syariah dengan acuan fatwa Majlis Ulama Indonesia (MUI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *