Pengertian Return Saham

Pengertian return saham adalah pengembalian saham beserta hasilnya dari pihak broker atau perusahaan kepada investor yang telah melakukan investasi pada perusahaan tersebut akibat suatu hal. Bisa saja return saham dilakukan nkarena telah habis masa kontrak kerja sama dan tidak dilakukan perpanjangan atau masalah lainnya, seperti terjadinya likuidasi pada perusahaan.

Dalam dunia pasar saham, seorang investor yang melakukan investasi dengan membeli saham tetu telah yakin betul dengan segala risiko dan segala ketidakpastian yang akan didapatkan di masa mendatang. Sebab, permainan bursa saham sedikit banyak memang mengandalkan keberuntungan, meskipun ada cara cara teknis yang dapat digunakan oleh investor untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Pengertian Return Saham

Return saham sendiri dibagi menjadi dua jenis. Hal tersebut seperti yang telah diungkapkan oleh salah seorang ekonom yang bernama Jogiyanto lewat salah satu bukunya tentang pengertian return saham yang diterbitkan pada tahun 1998. Jenis return yang pertama adalah return ekspektasi, dan jenis return yang kedua adalah return realisasi.

Return ekspektasi atau dalam bahasa ekonominya disebut sebagai expected return merupakan return yang sangat diharapkan untuk masa yang akan datang, namun sifatnya masih belum pasti. Sedangkan return realisasi atau realized return adalah pengembalian yang telah terjadi dan dihitung berdasarkan data sejarah. Return ini sangat penting untuk mengukur kinerja perusahaan serta sebagai dasar penentuan return dan juga risiko di masa yang akan datang.

Hasil dari return saham bisa berupa keuntungan atau kerugian. Sebab, seperti yang telah dijelaskan, bahwa dalam bisnis investasi saham ini seorang investor selalu dihadaptkan pada risiko risiko yang tidak terduga. Bisa saja di awal saat ia membeli saham dari broker, kondisi perusahaan yang mencetak lembar saham tersebut memang sedang berada di atas, dan kemungkinan untuk jatuh sangat minim.

Tapi, siapa yang dapat benar benar membuat prediksi yang akurat dari sebuah pergerakan bisnis suatu perusahaan? Tidak ada. Bisa jadi satu bulan kemudian harga saham di perusahaan tersebut merosot jatuh ke bawah. Dan akhirnya return saham yang diterima bukan berupa profit, namun malah kerugian yang banyak. Demikian pengertian return saham dengan segala jenis dan bentuk pengembaliannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *