Pengertian Pasar Modal

Pengertian pasar modal memang tidak dapat dipisahkan dengan pasar uang, keduanya hampir memiliki makna yang serupa dan saling berhubungan. Saat ini dunia perekonomian memang telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Salah satunya adalah dengan semakin meningkatnya aktivitas dalam kegiatan pasar uang dan pasar modal. Jika anda tertarik untuk mencoba masuk dalam lingkaran perputaran ekonomi tersebut, maka berikut adalah penjelasan dasar tentang pasar modal. Secara umum adalah tempat yang digunakan oleh para penjual dan pembeli untuk beraktivitas memperjual belikan barang-barang dagangannya, dalam hal ini barang-barang yang diperjual belikan tersebut berupa “hak” atau kepemilikan perusahaan dan surat pernyataan perusahaan.

Pengertian Pasar Modal

Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli Ekonomi

Ada banyak definisi pasar modal menurut para ahli, seperti pengertian menurut Tjipto Darmadji, Jordan dan John Downers, Dahlan Slamat, Sri Susilo, dan lain-lain, yang pada dasarnya memiliki makna yang sama. Pasar modal adalah seperti pengertian sebuah pasar pada umumnya, namun di sana hanya memperdagangkan modal atau efek-efek yang selanjutnya disebut sebagai bursa efek. Pasar modal adalah pasar bursa efek, sedangkan bursa efek sendiri dapat diartikan sebagai sebuah tawaran akan dana jangka panjang (jangkanya sampai satu tahun ke atas). Dalam KBBI dijelaskan bahwa pengertian pasar modal adalah semua kegiatan yang mempertemukan dua aktivitas ekonomi untuk memperjual belikan surat-surat berharga. Dua aktivitas ekonomi tersebut adalah penawaran dan permintaan.

Untuk menjadi pelaku atau bagian dari pasar modal, seseorang dapat berperan sebagai pemodal atau investor, mereka adalah pihak-pihak yang memiliki barang dagangan atau dalam hal ini disebut dengan modal atau dana untuk dipinjamkan atau dijual dengan jangka waktu tertentu. Atau jika tidak, seseorang juga bisa berperan menjadi emiten, mereka adalah pihak yang ingin meminjam dana atau modal dari para investor, atau secara gampangnya mereka adalah para pembeli. Demikianlah penjelasan singkat terkait pengertian pasar modal yang paling mendasar. Semoga bermanfaat bagi anda yang baru saja masuk dalam aktivitas ekonomi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *