Pengertian Modal

Menurut para ahli dalam bidang ekonomi, pengertian modal dapat dijabarkan ke dalam beberapa penjelasan. Modal merupakan hal yang sangat penting dan menjadi kebutuhan utama bagi para pengusaha yang untuk membangun sebuah usaha atau bisnisnya. Beberapa orang banyak yang berpikiran sempit bahwa modal selalu identik dengan uang, uang, dan uang.

Hanya seputar materi saja. Namun, sebenarnya, jika seseorang benar-benar memahami ilmu ekonomi dengan baik, terutama ilmu ekonomi bisnis maka pemikiran mereka terkait pengertian modal akan lebih luas, tidak melulu soal perkara dana. Dalam pemikiran yang lebih luas dan bijak, modal tidak harus selalu berupa uang, namun modal bisa berupa keinginan, niat, keahlian, motivasi, serta hal-hal lain yang dapat mendukung dalam menjalankan suatu usaha atau bisnis.

Pengertian Modal

Bahkan, pengertian modal dalam bentuk faktor-faktor selain uang untuk mendukung kemajuan usaha adalah bentuk modal yeng jauh lebih penting. Keinginan yang kuat, niat yang tinggi, motivasi yang baik, serta semangat yang pantang menyerah dapat menjadi pondasi yang kuat untuk menjalankan sebuah usaha atau bisnis.

Jika anda memiliki modal dalam faktor-faktor pendukung seperti yang telah disebutkan di atas, maka anda tentu bisa berhasil membangun sebuah usaha atau bisnis yang tentu saja kuat walaupun tanpa modal uang. Begitu pula sebaliknya, jika anda hanya memiliki modal uang, namun anda tidak memiliki modal lain yang seharusnya dimiliki oleh seorang pengusaha, tentu saja anda akan mengalami banyak kesulitan dalam membangun bisnis, bahkan anda akan lebih kerap mengalami suatu kegagalan.

Dalam dunia pengusaha yang sebenarnya, uang hanyalah salah satu bagian dari pengertian modal yang tidak menjadi prioritas utama dalam pembangunan sebuah bisnis atau usaha. Uang hanyalah faktor pendukung. Sementara itu, beberapa ahli mengungkapkan pendapatnya terkait pengertian modal.

Misalnya menurut Prof. Beker, pengertian modal adalah barang-barang yang nyata (konkret) yang masih ada di dalam dapur perusahaan, atau modal juga dapat berupa daya beli atau nilai tukar dari barang-barang tersebut yang tercatat disebelah kredit. Sedangkan salah seorang ahli ekonomi asal Indonesia Sugiarto, S.E., mengatakan bahwa pengertian modal adalah segala nilai aktiva yang dimiliki oleh perusahaan dan digunakan untuk mendapatkan pendapatan. Menurutnya, modal terbagi menjadi dua jenis, yaitu modal intern dan ekstern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *