Neraca Saldo Adalah

Dalam Ilmu Akuntansi dikenal beberapa istilah yang berhubungan dengan neraca, salah satunya adalah neraca saldo yang memiliki peran penting dalam mengolah data-data saldo rekening. Pengertian dari neraca saldo adalah data kolektif yang memaparkan kumpulan saldo dari seluruh data yang dimiliki oleh rekening dari pihak-pihak terkait. SelainĀ itu, neraca saldo adalah sistem yang sangat berguna untuk mengawasi perkembangan data-data pada suatu akun. Sehingga jika ada suatu akun yang tidak dibuat dalam daftar neraca saldo, maka pengawasan terhadap segala perkembangan pada akun tersebut akan sangat sulit dilakukan.

Neraca Saldo AdalahNeraca saldo juga biasa disebut sebagai neraca percobaan, sebab didalamnya telah digambarkan posisi akhir keuangan perusahaan, namun belum dibuat dalam bentuk untung rugi. Penggambaran posisi akhir keuangan tersebut adalah sebuah perkiraan yang didasarkan pada keseluruhan data-data pada akun yang tergabung di dalam neraca saldo. Sehingga hasilnya dapat dijadikan sebagai salah satu acuan dalam pembuatan laporan akhir, namun hasil penggambaran tersebut belum bersifat final. Neraca saldo biasanya dibuat oleh perusahaan pada periode akhir sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan evaluasi akhir.

Dalam pembuatan neraca saldo biasanya diperlukan beberpa kolom yang digunakan untuk melakukan pendataan. Kolom-kolom utama pada neraca saldo adalah kolom neraca, kolom harga pokok produksi, kolom perkiraan besar kecilnya keuntungan atau kerugian, serta kolom pembelian dan penjualan.

Fungsi Neraca Saldo Adalah

  1. Fungsi Persiapan, maksudnya fungsi neraca saldo adalah untuk mempersiapkan pembuatan laporan akhir keuangan pada suatu perusahaan. Neraca saldo lebih baik dibuat dalam buku yang berukuran besar, sebab jika tidak maka proses penyusunannya akan semakin rumit.
  2. Fungsi Pencatatan, maksudnya fungsi neraca saldo adalah untuk tempat melakukan beberapa macam pencatatan, dalam hal ini pencatatan yang lakukan adalah pencatatan data-data pada setiap akun rekening. Fungsi ini juga merupakan bagian utama dari fungsi ilmu akuntansi, yaitu mencatat.
  3. Fungsi koreksi, maksudnya fungsi neraca saldo adalah sebagai tempat untuk melakukan koreksi terhadap seluruh catatan serta siklus akuntansi yang telah dilakukan sebelum pembuatan neraca saldo tersebut.
  4. Fungsi monitoring, maksudnya fungsi neraca saldo adalah untuk melakukan pengawasan pada setiap akun dalam keuangan perusahaan.

Intinya, fungsi neraca saldo adalah untuk menyederhanakan pencatatan data-data akun perusahaan, sehingga mudah diawasi dan dipelajari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *