Jurnal Penyesuaian Adalah

Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat untuk menyesuaikan akun-akun tertentu pada data rekening perusahaan agar nilainya sesuai dengan kenyataan yang sebenar-benarnya pada saat akhir periode. Jurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansi setelah penyusunan neraca saldo dan sebelum penyusunan worksheet atau neraca lajur. Jurnal penyesuaian berguna untuk menyesuaikan angka-angka yang berada pada neraca saldo dapat menggambarkan keadaan yang sesuai fakta.

Jurnal PenyesuaianJurnal penyesuaian terbagi ke dalam dua macam transaksi, yaitu transaksi akrual dan transaksi deferal. Transaksi akrual adalah transaksi yang berkaitan dengan pengakuan beban atau pendapatan yang telah terjadi, namun belum dicatat ke dalam akun tertentu. Contoh transaksi akrual adalah seperti biaya yang masih harus dibayar dan pendapatan yang masih harus diterima. Sedangkan transaksi deferal adalah transaksi yang berkaitan dengan penundaan pengakuan beban atau pendapatan yang telah tercatat ke dalam akun tertentu, namun nilainya masih perlu dikoreksi lagi supaya sesuai dengan fakta pada akhir periode. Contoh transaksi deferal adalah seperti pemakaian perlengkapan dan pendapatan yang diterima di muka.

Jenis Pembuatan Jurnal Penyesuaian

  1. Pendapatan yang masih harus diterima

Keadaan seperti ini dapat terjadi pada saat terdapat pendapatan yang seharusnya sudah menjadi hak bagi suatu perusahaan pada akhir periode, namun karena suatu hal maka pendapatan tersebut belum dapat diterima. Sehingga diperlukan pembuatan jurnal penyesuaian untuk pencatatan piutang.

  1. Pendapatan yang diterima di muka

Dalam hal ini kegunaan jurnal penyesuaian adalah untuk menyesuaikan antara jumlah pendapatan yang telah diterima di muka dengan jumlah pendapatan yang harus diakui pada akhir periode. Pendapatan yang diterima di muka akan selalu disesuaikan dengan pengakuannya.

  1. Beban yang masih harus dibayar

Hal ini hampir sama dengan pendapatan yang masih harus diterima, yaitu jika pada akhir periode terdapat beban yang masih harus dibayar oleh perusahaan, namun karena suatu kondisi tertentu belum bisa dibayarkan, maka diperlukan jurnal penyesuaian untuk pencatatan utang.

Secara umum, kesimpulan definisi beserta fungsi dari jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat untuk menyesuaikan perkiraan dengan kenyataan yang sebenarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *