Jenis Laporan Keuangan

Jenis laporan keuangan dalam ilmu ekonomi akuntansi terbagi ke dalam beberapa bentuk. Ada pihak yang menyebutkan bahwa terdapat 5 jenis laporan pada suatu perusahaan, namun ada juga yang hanya menyebutkan bahwa laporan keuangan pada suatu perusahaan yang paling penting ada 4 bentuk.

Jenis Laporan KeuanganSebenarnya, jika dipelajari lebih mendalam, 4 ataupun 5 jenis laporan keuangan pada sebuah perusahaan tidak terlalu membentuk suatu perbedaan. Sebab, dalam penyusunan laporan keuangan yang ke-5 adalah sesuai kebijaksanaan masing-masing perusahaan, dan kalaupun tidak disusun tidak akan memengaruhi kredibilitas suatu perusahaan dalam menjalankan tugasnya untuk menyusun laporan keuangan.

4 Jenis Laporan Keuangan

  1. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi atau income statement adalah jenis laporan keuangan yang melaporkan segala aktivitas operasional perusahaan dengan menghitung pendapatan dan beban-beban selama satu periode yang kemudian dapat ditentukan jumlah laba atau ruginya.

  1. Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal yang menunjukkan perubahan modal untuk periode tertentu. Lewat jenis laporan keuangan ini dapat diketahui sebab-sebab perubahan modal selama periode tertentu.

  1. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas adalah jenis laporan keuangan yang menunjukkan sumber dan penggunaan kas pada suatu perusahaan selama suatu periode tertentu, sehingga saldo kas tampak seperti neraca. Jenis laporan keuangan ini membutuhkan segala data atau informasi dari neraca pada periode yang bersangkutan dan periode sebelumnya. Selain itu, laporan arus kas juga membutuhkan informasi dari laporan laba rugi pada periode yang bersangkutan.

  1. Neraca

Neraca merupakan jenis laporan keuangan berupa daftar sistematis yang memuat informasi mengenai aktiva, utang, dan modal sebuah perusahaan pada suatu periode tertentu. Lewat neraca, dapat diketahui berapa jumlah kekayaan perusahaan, kemampuan perusahaan membayar kewajiban, serta kemampuan perusahaan memperoleh tambahan dari pihak luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *