Faktor Yang Mempengaruhi Investasi

Investasi banyak dilakukan oleh orang yang ingin memiliki tabungan yang sewaktu-wakru bisa diambil ketika membutuhkan. Faktor penentu investasi sangat bergantung pada situasi mendatang sehingga sulit diramalkan. Oleh karena itu, investasi mudah berubah sesuai dengan iklim ekonomi saat itu juga. Lalu apa saja faktor yang mempengaruhi investasi sehingga mudah sekali berubah. Berikut penjelasanya:

Faktor Yang Mempengaruhi Investasi

  1. Pengaruh tingkat inflasi

Inflasi adalah harga barang secara umum mengalami kenaikan secara terus menerus atau terjadinya penurunan nilai uang dalam negeri. Hal ini sangat merugikan para investor yang melakukan investasi karena akan mengurangi rata-rata masa jatuh pinjam modal. Selain itu juga akan meningkatkan resiko proyek investasi.

  1. Pengaruh nilai tukar

Nilai tukar mata uang domestik akan sangat mempengaruhi investasi. Dari segi permintaan, penurunan tingkat nilai tukar mata uang domestik akan mengurangi investasi. Namun, nilai tukar mata uang domestik akan mendorong perluasan investasi pada barang barang perdagangan jika dari sisi penawaran.

  1. Tingkat suku bunga

Suku bunga yang turun akan menarik para investor untuk berinvestasi. Ketika tingkat suku bunga turun biasanya para investor meminjam modal dari bank untuk diinvestasikan.

  1. Pengaruh infrastruktur

Keadaan infrastruktur dapat mengundang para investor untuk menanamkan modalnya. Banyak negara yang mengundang para investor untuk menanamkan modalnya pada sektor sarana dan prasarana atau infrastruktur. Baik dibidang trasprotasi seperti, jalan, pelabuhan, terminal, bandar udara, dan sebagainya. Bidang komunikasi berupa jaringan telepon kaber atau nirkabel, pos, jaringan internet. Bidang utilitas seperti, tersedianya air bersih, listrik, dan lain-lain. Investasi yang dilakukan berupa pembiayaan dalam mata uang asing atau rupiah.

  1. Pengeluaran pemerintah

Pengeluaran pemerintah ini berupa pembelian barang dan jasa oleh pemerintah daerah. Pemerintah diperlukan untuk mendorong pertumbuhan perekonomian.

Investasi atau penanaman modal memang banyak peminatnya karena dapat dijadikan harta jaga-jaga di masa mendatang tentunya dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Bagi anda yang pemula sebaiknya pelajari dahulu faktor yang mempengaruhi investasi sebelum menginvestasikan harta anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *