Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga saham. Faktor faktor tersebut biasanya terkait dengan kondisi perekonomian dari suatu perusahaan pencetak lembaran saham tersebut. Namun, kadangkala harga saham juga dipengaruhi oleh lembaran saham itu sendiri yang dipegang oleh para investor. Mereka membuat saham tetap berharga walaupun kondisi perusahaan tengah terpuruk.

Sebelum membahas faktor faktor yang dapat mempengarui naik turunnya harga saham, maka sebaiknya kita memahami terlebih dahulu tentang saham itu sendiri. Sebab, tidak semua orang paham akan istilah saham dan sistem penggunaannya. Secara singkat, saham merupakan lembaran surat berharga yang diperjual belikan oleh perusahaan atau broker kepada para investor. Pemegang atau pemilik atas saham tersebut memiliki hak atas perusahaan senilai nominal harga saham.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham

Sehingga, semakin besar jumlah nominal harga saham yang dibeli oleh investor, maka sang investor memiliki hak atas perusahaan yang lebih besar. Jika perusahaan mendapatkan banyak profit, maka ia juga akan mendapatkan keuntungan yang besar, namun jika perusahaan rugi, maka investor tersebut juga akan mengalami kerugian. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi harga saham, antara lain:

  1. Keuntungan dari setiap lembar saham

Keuntungan atau laba yang ditawarkan dalam saham oleh pihak broker kepada para calon investor akan mempengaruhi harga saham tersebut. Semakin tinggi laba yang ditawarkan maka harga saham juga akan semakin tinggi, begitu pula dengan saham yang hanya menawarkan laba rendah maka harganya pun akan rendah.

  1. Tingkat suku bunga

Tingkat suku bunga dapat mempengaruhi harga saham sebab jika suku bunga atas nilai saham dalam suatu bursa efek atau pasar modal naik, maka sang investor pemilik dari lembar saham tersebut dapat meningkatkan harga dari lembaran sahamnya. Begitupun dengan keadaan sebaliknya.

  1. Tingkat risiko dan pengembalian

Semakin tinggi risiko yang diberikan oleh perusahaan dalam bentuk jual beli lembaran saham, maka akan semakin tinggi pula tingkat pengembalian saham yang dapat diterima oleh investor. Sehingga, dalam hal ini seorang investor dituntut untuk memiliki kejelian dalam memperkirakan seberapa besar risiko yang akan ia terima saat membeli suatu saham. Demikian penjelasan beberapa faktor yang mempengaruhi harga saham menjadi naik atau turun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *