Contoh Neraca Lajur

Dalam ilmu ekonomi akuntansi dikenal istilah neraca saldo dan neraca lajur. Namun sebelum kita membahas soal contoh neraca lajur, saya akan menjelaskan sedikit tentang neraca lajur dalam ilmu akuntansi itu sendiri, sebab bagi anda yang belum tahu sama sekali terkait istilah neraca lajur, maka akan sangat sulit untuk membuat contohnya.

Contoh Neraca LajurNeraca lajur atau kadang yang juga disebut dengan worksheet merupakan suatu lembar kerja laporan keuangan setelah proses jurnal penyesuaian, sehingga di dalam suatu neraca lajur terdapat data-data perkiraan mulai dari neraca saldo, ayat jurnal penyesuaian, neraca saldo setelah penyesuaian, harga pokok produksi, perkiraan laba atau rugi dan neraca yang tergabung dalam satu worksheet.

Contoh neraca lajur yang dibuat oleh sebuah perusahaan dalam pengolahan data laporan keuangannya akan terdiri dari beberapa kolom yang berfungsi untuk memudahkan seorang akuntan atau pemakai yang lain dalam membuat penyesuaian dan penyusunan laporan keuangan secara final.

Kemudian, untuk membuat contoh neraca lajur, sebelumnya kita harus membuat neraca saldo terlebih dahulu. Sebab kedua hal tersebut memiliki hubungan yang saling memengaruhi, di mana pembuatannya harus sesuai urutan, yaitu membuat neraca saldo terlebih dahulu baru membuat necara lajur, tidak bisa dibalik. Lalu, selanjutnya hanya tinggal memindahkan data-data dari neraca saldo dan jurnal penyesuaian. Neraca lajur ini sebenarnya dibuat hanya untuk memudahkan dalam pembuatan laporan keuangan.

Berikut ini akan saya berikan contoh neraca lajur untuk memahami kolom-kolom apa saja yang diperlukan dalam pembuatan neraca lajur, sebab untuk bagian isi setiap barisnya bergantung pada jumlah komponen-komponen pada neraca saldo seperti besar kas, piutang dagang, pembelian peralatan, modal, pendapatan, dan sebagainya sesuai data keuangan perusahaan, dan setiap perusahaan memiliki komponen neraca saldo yang berbeda.

Contoh Neraca Lajur Sederhana

PT. BLUE SKY INDO SEJAHTERA

NERACA LAJUR

Periode 1 Mei 2015 – 31 Mei 2015

Perkiraan Neraca Saldo Penyesuaian Neraca Saldo Setelah Penyesuaian Rugi – Laba Neraca
D K D K D K D K D K D K

Demikian contoh neraca lajur yang dapat saya berikan sebagai pengetahuan dasar atas pembuatan neraca lajur secara lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *