Contoh Investasi Jangka Pendek

Contoh investasi jangka pendek sangat bermanfaat bagi anda yang akan melakukan investasi dalam waktu yang sedikit. Terdapat dua kategori investasi yang bisa anda lakukan, yakni investasi jangka pendek dan jangka panjang. Keduanya memiliki ketentuan tersendiri, mulai dari jangka waktunya, keuntungannya, dan resikonya. Jika anda ingin menginvestasi dengan resiko lebih rendah maka dapat memilih investasi jangka pendek.

Investasi jangka pendek merupakan tindakan menanamkan harta atau aset-aset dengan rentang waktu yang pendek antara 1-3 tahun. Investasi jangka pendek dipilih para investor untuk megamankan modal mereka dari resiko yang lebih tinggi. Investasi yang dipilih dengan alasan resiko lebih rendah ini tentu memiliki keuntungan yang lebih rendah pula.

Investasi Jangka Pendek

Meskipun demikian, investasi jangka pendek masih diminati banyak orang. Selain resikonya yang rendah juga mudah untuk dicairkan menjadi uang tunai. Supaya lebih jelas, berikut akan disebutkan beberapa contoh investasi jangka pendek yang bisa anda pilih.

  1. Tabungan

Menabung di bank menjadi salah satu contoh investasi harta dalam jangka waktu yang pendek. Uang yang anda tabung di bank mudah untuk anda cairkan namun, hasil yang didapatkan sedikit. Hal ini karena tabungan banyak yang tidak mengikuti inflasi sehingga tidak cocok untuk menyimpan uang dalam jangka panjang.

  1. Deposito

Investasi dalam bentuk deposito akan ada ketentuan untuk tidak menarik dalam jangka waktu tertentu. Setiap uang yang anda investasikan akan mendapatkan bunga deposito yang cukup tinggi namun, uang yang didepositokan tidak menutup kemungkinan akan kalah dengan inflasi yang terjadi setiap tahunnya.

  1. Reksadana pasar uang

Reksadana pasar uang adalah salah satu jenis investasi jangka pendek yang mudah dicairkan seperti tabungan namun dengan keuntungan yang lebih besar. Reksadana pasar uang memiliki resiko tinggi karena tidak terasuransi seperti investasi jangka pendek lainnya.

Investasi sangat penting dilakukan untuk masa depan anda. Terlebih investasi jangka pendek yang mudah dicairkan ketika memiliki kebutuhan yang mendesak. Anda dapat memilih salah satu contoh investasi jangka pendek yang disebutkan diatas atau dalam bentuk yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *