Cara Bermain Saham Untuk Pemula

Cara bermain saham untuk pemula tidak dapat dipelajari dalam sekali duduk. Walaupun tampak sederhana karena hanya perlu menjual dan membeli saham, namun sebenarnya bermain main dengan saham dalam dunia bisnis adalah sesuatu yang sangat rumit. Namun, jika anda memang benar benar ingin masuk dalam lingkup dunia ini, maka anda jangan ragu ragu. Semua bisa dipelajari.

Bermain saham berarti harus berhubungan dengan dunia bursa efek, yang mana merupakan suatu pasar yang terorganisasi. Di sana terdapat pialang sebagai pihak yang berhak melakukan transaksi jual beli saham atau surat berharga dengan segala peraturan yang telah ditetapkan oleh bursa efek tersebut.

Cara Bermain Saham Untuk Pemula

Seperti selayaknya pasar dalam dunia nyata, bursa efek juga memiliki penjual atau yang biasa disebut sebagai broker, dan juga pembeli yang biasa disebut sebagai investor atau pemilik modal. Kedua pihak tersebut saling berhubungan dalam jual beli saham. Walaupun wujudnya seolah tidak nyata, namun saham atau lembar penting dari suatu perusahaan tersebut memiliki harga yang bervariasi.

Cara bermain saham untuk pemula sebaiknya dilakukan dalam bursa efek yang belum terlalu besar. Sebab, untuk mengawali karir sebagai seorang pemain saham seseorang harus banyak mengalami try anda eror atau banyak praktik dan gagal untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Jika melakukan suatu percobaan pada bursa efek yang sudah besar, maka sangat mungkin seorang pemula akan mengalami kerugian yang besar.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk bisa mengantarkan seseorang menjadi seorang pemain saham:

  1. Harus menjadi nasabah dari perusahaan efek

Caranya seperti cara membuat rekening di bank. Lewat rekening ini lah nanti seseorang dapat melakukan traksaksi jual beli saham.

  1. Melakukan proses transaksi jual beli saham

Inilah hal inti dalam permainan saham. Perusahaan atau broker akan menawarkan saham untuk dibeli oleh para investor. Jika anda adalah seorang nasabah, berarti anda adalah investor yang bertugas untuk membeli saham yang ditawarkan. Namun, anda tidak bisa sembarangan membeli saham, sebab jika anda salah membeli saham bisa saja anda akan rugi.

Anda harus mampu memprediksi bagaimana perkembangan saham perusahaan yang akan anda beli untuk ke depannya. Ini seperti tak tik menimbun barang barang dalam dunia nyata, dan saat harga barabg telah naik, maka anda dapar menjualnya.

Demikian cara bermain saham untuk pemula, kelihatannya sangat mudah. Tapi sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan. Penuh intrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *