Ayat Jurnal Penyesuaian

Ayat Jurnal Penyesuaian (AJP) atau Adjusting Journal Entry adalah ayat jurnal yang dibuat untuk menyesuaikan catatan-catatan dengan keadaan atau fakta yang sebenarnya pada akhir periode. Dibuat untuk mengoreksi seluruh perkiraan awal sehingga dapat mencerminkan keadaan aktiva, utang, modal, pendapatan, dan biaya yang sebenarnya. Maka setiap perkiraan riil dan setiap perkiraan nominal dapat menunjukkan besarnya harta, utang, modal, pendapatan, dan beban yang seharusnya diakui pada akhir periode.

Ayat Jurnal Penyesuaian

Ayat jurnal penyesuaian dapat disusun berdasarkan segala data dari neraca saldo dan segala data penyesuaian pada akhir periode. Jadi ayat jurnal penyesuaian akan mengubah sedemikian rupa nilai akun, sehingga neraca saldo dapat memperlihatkan jumlah saldo yang sebenarnya dari nilai harta, utang, dan juga modal.

Akun yang Memerlukan Ayat Jurnal penyesuaian

Dalam ilmu akuntansi dijelaskan bahwa ada beberapa akun pada neraca saldo yang tidak dapat dibuatkan jurnal penyesuaian, sebab akun-akun pada neraca tersebut memang tidakĀ  membutuhkan adanya ayat jurnal penyesuaian untuk menghitung besarnya jumlah saldo pada periode akhir.

  1. Akun penyesuaian pendapatan yang akan diterima.
  2. Akun penyesuaian penyusutan aktiva tetap.
  3. Akun penyesuaian biaya yang masih harus dibayar.
  4. Akun penyesuaian pemakaian perlengkapan.
  5. Akun penyesuaian pendapatan dibayar dimuka (prepaid).

Dalam pembuatan ayat jurnal penyesuaian diperlukan keterampilan seseorang untuk menyusun beberapa hal yang perlu disesuaikan sebagaimana data pada kenyataannya. Hal-hal tersebut antara lain adalah

(1) biaya yang dibayar di muka atau prepaid expense, penyesuaiannya dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dicatat sebagai persekot biaya (pendekatan neraca) dan dicatat sebagai biaya; (2) pendapatan yang diterima di muka atau unearned revenues, (3) hal ini harus diakui sebagai utang dan pendapatan; (4) biaya yang masih harus dibayar atau accured expense; (5) pendapatan yang masih harus diterima atau accured revenues; (6) penyesuaian aktiva tetap atau depreciation; (7) kerugian piutang atau bad debt expense; dan (8) biaya pemakain perlengkapan atau use of equipment costs.

Sehingga untuk menghitung penyesuaian jumlah nilai antara data perkiraan dan data asli pada akhir periode hingga menjadi ayat jurnal penyesuaian yang baik, maka harus dilakukan dengan menghitung masing-masing nilai dari beberapa hal di atas yang memerlukan penyesuaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *