Analisa Fundamental Saham

Analisa fundamental saham merupakan analisa yang dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang jelas terhadap kemampuan suatu perusahaan yang mengeluarkan surat berharga (saham) untuk tumbuh dan berkembang di masa depan dengan menggunakan pendekatan pada faktor faktor ekonomi yang dapat mempengaruhi kondisi perusahaan. Jadi intinya analisa fundamental ini dilakukan dengan menganalisa kondisi perusahaan untuk mendapatkan prediksi pergerakan saham.

Analisa saham diperlukan oleh setiap investor yang melakukan investasi pada suatu perusahaan untuk mendapatkan gambaran terkait kondisi saham yang menjadi hak nya, apakah saham tersebut akan semakin naik nilai jualnya atau malah akan merosot. Sehingga, jika seorang investor telah mampu membuat suatu prediksi atas perkembangan saham yang dimilikinya, maka ia dapat meminimalisir kemungkinan kemungkinan yang dapat membuatnya rugi.

Analisa Fundamental Saham

Analisa fundamental saham dilakukan oleh seorang pemegang saham dengan cara mempelajari secara mendalam tentang seluk beluk perekonomian perusahaan. Melihat bagaimana keadaan transaksi jual beli produk atau jasa dari perusahaan tersebut, melihat berapa jumlah tingkat suku bunga dari waktu ke waktu, dan melihat hal hal lain yang berkaitan dengan nilai saham yang telah dibeli oleh investor.

Salah satu hal yang paling kerap dijadikan sebagai objek pengamatan oleh para investor yang tengah menganalisa kondisi keuangan adalah laporan keuangan perusahaan tersebut yang dibuat pada setiap bulannya. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dasar untuk menentukan apakah perusahaan tersebut masih memberikan banyak keuntungan atau tidak.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih valid, sebaiknya seorang investor menganalisa segala hal tentang perusahaan tempatnya menanam modal dengan membandingkan kondisinya dengan kondisi perusahaan yang lainnya. Kalau bisa dibandingkan dengan perusahaan serupa yang telah dipercaya memiliki kondisi perekonomian yang selalu stabil.

Menganalisa dengan cara ini mengharuskan seorang investor membuka jaringan yang luas dengan berbagai pihak. Sebab, cara analisa fundamental saham akan lebih efektif apabila dilakukan dengan menggunakan banyak sumber informasi yang valid. Sehingga, jika dibandingkan dengan analisa teknikal, analisa fundamental jauh lebih kompleks, namun kemungkinan untuk mendapatkan perkiraan yang tepat juga jauh lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *